Sabtu, 04 Mei 2019

Market; What Are You Doing?

.
.
.
Bismillaahirrahmaanirrahiim..
.
.
.
🐤🐤

Menebak pasar, seperti menebak hatimu..
Sulit, tapi ga tauu
Perasaanku berkelahi dengan logika
Nalarku menjalar hingga ke batas arah




Lay layy aku alay banget..


Hai udah lumayan lama enggak ngepos dikene.. dimari, disini hohoho 😂

Oke sekarang serius 


Pasar. Sepertinya aku sudah menemukan (passion) aku. Berulang kali aku resign hingga empat kali dalam waktu dua tahun wkwk 😂😂 (niat kerja ga to bray 🐴)

Kenapa aku pilih pasar? Karena semua bakal jalan. Dari pikiran, mata, otak, hati, sikap, skill, bener-bener olahraga.

Terakhir kejadian lempar barang sini sana bernama bawang merah. Cari mana yang bisa tinggi harganya. Semarang, Purwodadi, Solo. Disana mahal belum tentu disini mahal.. Untung seribu dua ribu tiga ribu kali berapa maunya penjual.. demi secercah berlian.. (ini rahasia cepet kaya ala om aku) Tapi kalo aku lebih seneng beli barang, tapi hari itu juga langsung habis, tiap orang beda maunya.. 🌻🌻

Harga. Juga sempet naik turun tangga karena barang di ibukota turun melanda (nyambung ga yaa 🐴🐴). Info bisa dilihat dari koran, berita tipi, ato grup efbe.. Ibarat nyetir langsung dibanting ke kiri.. hap hap 19. 17. 15.. 

Tapi esensi tulisan ini ada di gambar ini 😴😴



Ini adalah faktor keberhasilan suatu usaha..

Saaatuu.. 
LOKASI
Mau di iyain, apa dienggak in, yang namanya lokasi tetep ngaruh pake banget. Dari kendaraan angkut exp truk, colt, viar, motor, sampe kontainer sekalipun.. diusahakan pilih yang jleg yaa..

Duuuaa..
DATABASE customer. Ibarat brangkas, ini dia kuncinya.. mau belanja sebanyak apapun kalo ga punya database customer bakal kelabakan. Identifikasi jadwal dia di pasaran, alamat rumah, kontak person dll. Ini bakal berguna banget gaeess buat nawarin barang kita agar laku keras.. prinsipnya adalah bisa belanja, harus bisa jualin..

Tiigaaa..
SUPPLIER. Mau bisnis lancar, salah satunya punya relasi dengan supplier. Kadang supplier punya nilai kuat yang dia anut, misalnya, sistem pembayaran yang harus ontime. Berarti ga boleh molor-molor.. daan kalo bisa punya banyak database supplier, jadi sewaktu-waktu si A libur, masih ada si B..

Eempaaat..
PAYMENT. Mau berhasil merebut hati supplier? Yaah salah satu caranya dengan payment yang baik. Membangun kepercayaan itu sangat sulit, jangan sampai personal branding kita jadi fail di mata relasi..

Liiimaaa..
PENAGIHAN. Didalam bisnis sudah sangat lazim apabila memberikan keringanan pembayaran pada customer kita.. yaitu dengan memberikan bon jatuh tempooo sampaiiii jangan lama-lamaaa 😂😂

Eenaaam..
KEDISIPLINAN
Mau punya banyak pelanggan salah satunya ga boleh bolas bolooos masuk.. Toko harus punya jam buka dan jam tutup yang bisa ditengarai oleh para pelanggan. Jangan sampai dua hari masuk, tiga hari libur, masuk sehari, libur dua hari.. yang ada pada ngacir pergii 😂

Tuujuuuh.. 
MODAL
Modal sebenernya bukan syarat utama yang selama ini orang takutkan. Modal utama adalaah kepercayaan.. kalo kita baik, InsyaAllah akan lebih gampang jalannya.. modal sebenernya diperlukan untuk mem back up piutang para customer yang membeli dengan pembayaran jatuh tempo.. modal juga bisa didapatkan dari keuntungan yang selama ini kita dapatkan dari para pembeli tunai.. insyaAllah bisa menanjak, menanjak, menanjak. Bisnis itu hanya seni memanfaatkan peluang. Jadi kalo ga punya modal jangan sedih yaa kawaaan..

Delapaan..
INFORMASI.
Dalam dunia bisnis informasi sangatlah penting dan krusial. Ini bisa sensitif sekali diantara para penjual. Mereka akan bersaing harga untuk bisa menjual barang yang mereka perdagangkan.. daerah A akan berbeda keadaannya dengan daerah B terkait harga dan persediaan..

Oookeee sekian selayang pandang terkait dunia aku.. tapi bukan dunia laiiin ya gaeeesss 😂😂 kuncinya adalah tekun, sabar, pantang menyerah, dan mau buat belajaar.. insyaAllah akan semakin mudaaaahhh 😂😂


Tidak ada komentar:

Posting Komentar